Kamis, 27 Maret 2014

Nama:  Rizky Akbar Fitria Anggraeni
Kelas:    2EA21
NPM:    16212586


    TUGAS 1: FILSAFAT PANCASILA


1. Jelaskan mengapa nilai-nilai pancasila secara sosiologis sudah ada sejak    bangsa ini ada, serta jelaskan pula lahirnya Pancasila secara historis !
     Jawaban:
     Karena Bangsa dan Negara Indonesia terbentuk melalui suatu proses sejarah       yang panjang, dimulai dari jaman batu, dan baru pada pertengahan abad XX        bangsa Indonesia dapat membentuk sebuah Negara. Di dalam sejarah      kehidupan bangsa Indonesia telah terkandung nilai-nilai dasar negara             oleh para pendiri negara dirumuskan ke dalam lima asas (sila) yang disebut         Pancasila. Perilaku kehidupan dan budaya bangsa           Indonesia itu merupakan        unsur-unsur pembentuk nilai-nilai Pancasila secara historis dapat          dikelompokkan menjadi 4 (empat) periode atau jaman, Pengertian Pancasila         secara historis adalah terminologi Pancasila dilihat dari riwayat sejak       penggunaan istilah, proses perumusan, sampai ditetapkannya menjadi dasar     negara sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD NRI 1945.Proses     perumusan Pancasila dimulai saat dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam pembukaan sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 mengajukan suatu masalah         tentang calon rumusan dasar Negara Indonesia yang akan dibahas pada sidang tersebut. Selanjutnya pada sidang itu tampil 4 anggota yaitu Moh. Yamin, Soekarno, Ki Bagus Hadikusumo, dan Soepomo.






2. Jelaskan perbedaan konsep Pancasila menurut  Mr.M.Yamin dan Ir.Soekarno !
     Jawaban:
                        Rumusan dasar Negara yang diajukan oleh Mr.M.Yamin:

                  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
                2. Kebangsaan Persatuan Indonesia
                3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab 
                4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam                                              permusyawaratan perwakilan 
                  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

.                       Rumusan dasar Negara yang diajukan oleh Ir. Soekarno:

                1. Kebangsaan Indonesia
                2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
                3. Mufakat atau demokrasi
                4. Kesejahteraan sosial
                5. Ketuhanan yang berkebudayaan


3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bahwa Pancasila memiliki sifat sistematik      dan hierarkis piramidal !
     Jawaban:
     Sebagai suatu sistem, Pancasila bersifat sistematik, artinya runtut, tidak   melompat-lompat dan masuk akal. Secara garis besar, cara-cara yang       diperlukan untuk mencapai tujuan bersama juga dirumuskan dalam      Pancasila. Dengan demikian gagasan dasar Pancasila merupakan gagasan             yang lengkap untuk dijadikan sebagai pedoman hidup, yang dimaksud       dengan pancasila bersifat hirarkis dan berbentuk piramidal adalah dalam       pancasila ini berarti memiliki hubungan antara kelompok sila yang ada dalam           pancasila dan bersifat erat. Hirarkis sendiri memiliki arti yaitu             pengelompokkan penggolongan






4. Dalam filsafat Pancasila terdapat tiga tingkatan nilai sebagai bentuk aksiologi       dari Pancasila, yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis. Jelaskan !
     Jawaban:
      Nilai dasar Pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai       persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan, Nilai instrumental adalah nilai        yang menjadi pedoman pelaksanaan dari nilai dasar, Nilai praksis merupakan penjabaran lebih lanjut dari nilai instrumental dalam kehidupan yang lebih    nyata dengan demikian nilai praksis merupakan pelaksanaan secara nyata           dari nilai-nilai dasar dan nilai-nilai instrumental.

5. Jelaskan mengapa ideologi Pancasila bukan merupakan ideologi campuran           dari ideologi sosialisme maupun liberalisme !
     Jawaban:

     Peryataan itu tidak bertentangan, justru saling menguatkan. karena salah             satu keunggulan bangsa Indonesia adalah memiliki keterbukaan terhadap    dunia   luar juga mampu memegang teguh budaya asli, meski pun demikian,      Pancasila itu bukan ideologi campuran, namun lebih bermakna khas-            Indonesia-berbeda dengan dunia timur atau pun barat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar